gohijau

Because this world is for our children

Mengolah sampah organik menjadi pupuk

Sampah organik, adalah sampah yang bisa terurai. Dengan penanganan yang tepat, sampah organik bisa dirubah menjadi pupuk kompos yang bermanfaat. Berikut cara pengolahannya seperti yang di uraikan di website ideaonline.co.id

  • Pisahkan sampah sisa rumah tangga anda, antara yang organik dan non organik. Sampah organik adalah sampah yang bisa terurai / membusuk jika dibiarkan misalnya daun-daunan atau sisa sayuran yang belum dimasak.
  • Cincang sampah organik dengan ukuran 1-2cm. kemudian masukkan ke dalam ember besar.
  • Diamkan sampah hingga membusuk. Untuk proses pembusukannya, Anda bisa membiarkan sampah membusuk dengan sendirinya atau dipercepat prosesnya dengan menggunakan larutan EM4. Larutan ini bisa didapat pada berbagai toko yang menjual keperluan bercocoktanam.
  • Tutup rapat ember yang berisi sampah organik tadi. Tambahkan larutan pembusuk setiap kali Anda memasukkan sampah baru ke dalam ember. Letakkan di tempat yang teduh.
  • Aduk ember secara rutin setiap 3 hari sekali agar campuran merata.
  • Diamkan ember sampah organik tersebut hingga kurang lebih 2 minggu, hingga terjadi proses komposting. Pada akhirnya nanti akan terdapat dua jenis pupuk, pupuk cair dan pupuk padat.
  • Sebelum digunakan sebagai pupuk atau media tanam, kompos yang padat harus terlebih dahulu dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Sementara untuk yang cair bisa langsung digunakan pada tanaman.

Cairan kompos dicampur dengan air dengan perbandingan 1:5.  Jika cairan kompos mengeluarkan bau yang tidak sedap bisa dicampurkan dengan kapur sirih yang telah dilarutkan dengan air.

Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 2, 2013 by in Tips Daur Ulang.
50waystohelp
%d bloggers like this: